Vision, The Michelin Visionary Tire

Pada tahun 2017, Michelin mengenalkan sebuah proyek ban yang sedang mereka kembangkan, Vision, sebuah ban dengan konsep Airless, 3D printed rechargable, Organic, dan Customizable. Seperti yang telah di post pada https://michelinmedia.com/michelin-vision-concept-tire/, ban ini merupakan salah satu proyek besar yang vision kembangkan sejak tahun 2016. Saat ini, perusahaan-perusahaan ban di seluruh dunia sedang berusaha mengembangkan ban tanpa udara yang dapat membantu mengurangi penumpukan limbah yang mana ban merupakan salah satu barang yang membuat penumpukan limbah semakin cepat. Dengan adanya ban tanpa udara ini, kita tidak perlu sering mengganti ban lagi yang dikarenakan bocor, robek, atau tekanan udara yang kurang tepat.



Dengan adanya Vision, Michelin berharap untuk kedepannya kita tidak perlu lagi menyediakan beberapa jenis ban untuk beberapa kondisi jalan yang akan dilewati, dengan ban yang Customizable, sehingga dapat diubah melalui 3D print sesuai jenis jalan yang akan dilewati, apakah jalan bersalju, jalan berbatu, dan lain-lain.

Pada proyek ini, terhadap beberapa hal yang dapat diperhatikan, diantaranya adalah :
  • Time
Berdasarkan waktunya, proyek Vision ini telah dikerjakan sejak tahun 2016 lalu, dimana Michelin berharap untuk 10 tahun kedepannya, Vision sudah terwujud menjadi ban masa depan yang mengubah persepsi semua orang bahwa ban merupakan barang yang menghasilkan limbah yang banyak.
  • Cost
Berdasarkan biaya yang dikeluarkan, perusahaan ini telah mengeluarkan uang hingga 2,7 juta Euro ( tidak kurang dari 40 Miliar Rupiah ), dan akan masih terus bertambah sampai ban Vision ini terwujud. Hal ini merupakan biaya yang besar, karena tentunya penelitian untuk proyek ini sangat kompleks, karena tidak hanya mengenai ban tanpa udara, namun konsep lainnya yang cukup susah untuk diwujudkan.
  • Scope
Proyek ban Vision ini kedepannya ditujukan untuk pengguna mobil, yang ada di seluruh dunia, karena memang ban ini difokuskan untuk ban mobil.
  • Feature
Diantara fitur yang dikembangkan pada proyek Vision ini adalah :
    1. Airless : Ban tanpa udara yang memudahkan orang sehingga tidak perlu khawatir ban bocor dan sebagainya
    2. Organic and Degradable : Ban ini terbuat dari bahan-bahan organik yang dapat terurai, sehingga tidak merusak lingkungan.
    3. Customizeable : Ban ini dapat dikustom sehingga kita tidak perlu mengganti ban untuk dipakai pada jenis jalan yang berbeda-beda.
    4. 3D Print and Rechargable : Bagian tread dari ban (permukaan ban yang menyentuh jalan) terbuat dari 3D Printing, sehingga dapat dibentuk sesuai kebutuhan jalan, dan juga dapat diisi ulang apabila bagian tread nya sudah habis.

Comments

Popular posts from this blog

Visualisasi Java - Membuat Rumah

Program Mesin Penjual Tiket

Notion